Visi dan Misi

Visi


Amanat penggembalaan yang diberikan Tuhan kepada Pdt. Drs. Sutikno Notoseputro merupakan VISI yang diemban oleh gereja, yaitu untuk “Menyiapkan umat yang layak bagi Tuhan” (Lukas 1 : 17)

Misi


Setiap anggota jemaat akan dipersiapkan menjadi umat yang layak untuk menyatakan kemuliaan Tuhan di bumi ini dan menyambut kedatangan-Nya kembai. Umat yang layak adalah umat yang sudah mengalami pemulihan dalam hidupnya sehingga dapat dipercaya oleh Tuhan untuk membawa pemulihan bagi orang lain.

Ada 4 area kehidupan jemaat yang perlu dipulihkan, dimana ke-4 hal tersebut merupakan MISI yang menjadi sasaran penggembalaan gereja, yaitu :

  • Menjadi Umat yang saleh, hidup sesuai Firman Tuhan
    Banyak ukuran yang dipakai orang untuk mengukur dan menentukan kasehan. Setiap jemaat harus membangun hidup yang saleh dengan berpedoman kepada Alkitab. Persekutuan dengan firman Tuhan akan membawa pengenalan yang lebih mendalam akan Tuhan Yesus dan perintah-perintahNya yang pada akhirnya akan mengembangkan kehidupan yang saleh (2 Petrus 1 :3).

 

  • Menjadi umat yang berhasil membangun keluarga yang berbahagia
    Keluarga merupakan lembaga yang Tuhan ciptakan untuk menerima anugrah-Nya dan menyatakan kemuliaan Tuhan kepada dunia (Kejadian 1 : 26-28). Untuk mengahalangi rencana Tuhan tersebut, iblis terus berusaha menghancukan rumah tangga anak-anak Tuhan dengan menggunakan berbagai tipu muslihat dan dosa. Setelah membangun kehidupan yang saleh, setiap jemaat harus membawa kuasa Tuhan ke dalam keluarga dan rumah tangganya agar mengalami pemulihan.

 

  • Menjadi umat yang berhasi dalam pekerjaan Tuhan dan profesinya
    Setelah mengalami pemulihan dalam kehidupan pribadi dan keluarga, jemaat harus terlibat dalam pelayanan untuk menyelesaikan pekerjaan Tuhan sesuai dengan fungsi dan karunia masung-masing (Yohanes 14:12). Demikian juga dalam pekerjaan dan profesinya jemaat akan dibuat lebih berhasil; saat berdoa Tuhan akan memberikan tuntunan (Yakobus 4 : 13-17) dan jemaat akan dibuat lebih giat dalam bekerja dan berusaha (2 Tesalonika 3 : 6-8).

 

  • Menjadi umat yang memberkati kotanya
    Salah satu panggilan gereja adalah mengusahakan kesejahteraan kotanya (Yeremia 29:7). Dalam kehidupan pribadi dan keluarga memberikan contoh yang baik (1 Timotius 1:16) dan bersama-sama sebagai gereja melakukan karya nyata yang membawa dampak bagi masyarakat sekelilingnya.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa umat yang layak adalah umat yang telah mengalami pemulihan dan hidup saleh sesuai firman Tuhan, keluarganya telah dipulihkan menjadi keluarga yang berbahagia, melayani Tuhan dan berhasil dalam profesinya serta memberkati kotanya. Setiap jemaat harus menggenapi ke-4 misi tersebut dan akan terus disempurnakan sepanjang kehidupannya di dunia ini.