Materi PeKa – 7 Januari 2020

HIDUP DIPIMPIN ROH KUDUS.
[Gal 5:25] Sub. Tema bln Januari “MEMPERBAHARUI MANUSIA BATINIAH”
2 Kor 4 : 16 “Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.”
Setiap manusia memiliki dua sisi kehidupan yakni sisi LAHIRIAH dan BATINIAH. Sisi lahiriah adalah hal-hal yang kelihatan, Sedangkan sisi batiniah merupakan hal-hal yang tidak kelihatan.
Banyak orang lebih senang menyibukkan dirinya dengan kesibukan memperhatikan manusia lahiriahnya ketimbang manusia batiniahnya. Tujuannya agar kelihatan lebih indah dan terhormat dimata manusia. Sehingga setiap orang berlomba menghabiskan waktunya hanya untuk bagaimana bisa hidup bahagia dibumi dengan rumah mewah, mobil dan fasilitas dunia lainnya yang dinilai dapat membahagiakan jiwanya. Padahal semua yang bersifat lahiriah sebenarnya dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun akan merosot dan harus ditinggalkan kelak saat menutup mata selamanya dibumi.

Agar kita bisa melawan sifat lahiriah kita, maka batiniah kita harus mengalami pembaharuan di dalam Tuhan.

Dalam proses membangun manusia batiniah, kita akan menghadapi berbagai macam tantangan baik dari dalam maupun luar diri kita. Oleh sebab itu, komitmen dan penyertaan Roh Kudus diperlu senantiasa. Yang dimaksud dengan manusia batiniah adalah roh dan jiwa, manusia batiniah akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan cara diperbaharui setiap hari. Pembaharuan ini menjadi persiapan terhadap kekekalan mendatang.
BAGAIMANA CARA MEMPERBAHARUI BATINIAH KITA?

Relakan proses pembaharuan yang Tuhan Yesus lakukan didalam hidup kita, sehingga kita menanggalkan manusia lama dan menjadi manusia baru. Orang yang disebut membangun manusia baru adalah orang yang tidak lagi berminat berbuat dosa lagi atau tidak berminat menjadikan dunia ini sebagai tujuan kebahagiaan hidupnya, sert selalu memiliki kerinduan untuk bertumbuh dalam kerohaniannya.
Baca: Efesus Kolose 3 : 5-10
Diskusikan dan bagikan kesaksian :
1. Apa saja yang disamakan dengan penyembahan berhala?
2. Dengan cara bagaimana kita membangun persekutuan dengan Allah?
3. Kenapa batiniah kita harus dibaharui?
4. Apa arti mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui?
Kesimpulannya :
1 Pet 2:2 “Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan.”
Yeh 36:26 “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.”

Selamat beribadah di PeKa masing masing
Tuhan Yesus memberkati