Materi PeKa 25 Sept ’18 – Ibadah

Materi PeKa
Selasa, 25 September 2018
IBADAH
PENDAHULUAN:
Bulan ini Tuhan sedang menuntut kita untuk memahami apa dan bagaimana kita bisa melakukan kehendak-Nya.
I. Ibadah Raya
Salah satu kehendak Allah yang mendasar bagi setiap orang percaya adalah “ibadah”, lebih khusus lagi “ibadah raya”. Itulah sebabnya dalam Surat Ibrani 10:25 mengungkapkan hal ini: “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”
Biasanya orang-orang percaya baru bertobat (bayi secara rohani) akan memulai ibadahnya dengan satu minggu sekali (sabat) sebagaimana diajarkan dalam Keluaran 20:8 ini : “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.” Pada tahapan berikutnya akan mengalami kekurangan jika hanya ibadah seminggu satu kali.

II. Ibadah Pribadi
Seiring kedewasaannya, seseorang akan mengalami peningkatan, tidak hanya ibadah satu minggu satu kali, tetapi meningkat menjadi tiap hari ibadah, bahkan Daud ibadah sehari meliputi 7 kali: Mazmur 119:164; “Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.”
Jika Daud sehari 7 kali, maka Daniel sehari 3 kali: Daniel 6:11; “Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.”
Kesimpulan:
Salah satu kehendak Allah bagi setiap orang percaya adalah ibadah, baik ibadah Raya maupun ibadah pribadi. Bagaimana kondisi Saudara saat ini ? Sudah bisakah melakukan ibadah setiap hari ?
Mari kita melatih secara serius. Kiranya Tuhan memberikan kemampuan kepada kita semua. Amin. Tuhan memberkati

BEBERAPA PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Apakah Saudara saat ini sudah bisa melakukan ibadah Raya tiap minggunya dengan baik dan benar ? Jika sudah / belum, apa yang Saudara bisa sharingkan di Peka ini?!
2. Apakah Saudara saat ini sudah bisa melakukan ibadah tiap hari dengan baik dan benar ? Jika sudah / belum, apa yang Saudara bisa sharingkan di PeKa ini?!
POKOK DOA:
1. Berdoa supaya setiap kita diberi keteguhan dan kesungguhan hati supaya tetap tekun dan giat dalam menghadiri Ibadah Raya.
2. Berdoa supaya setiap kita dimampukan untuk bertekun dan setia memiliki waktu-waktu pribadi bersama Tuhan.