Materi PeKa – 25 February 2020

Materi PeKa
Selasa, 25 Februari 2020

PERAN ROH KUDUS

Menjalani hidup kekristenan tanpa melibatkan Roh Kudus secara aktif adalah sesuatu yg mustahil., oleh karena itu kita perlu perlu belajar lebih banyak tentang peran Roh Kudus dalam hidup orang percaya.
Karena Roh Kudus itu dijanjikan buat setiap orang percaya maka peran Roh Kudus itu menjadi sangat penting karena orang percaya hidupnya akan berubah sehingga kehidupan Yesus menjadi nyata dalam kehidupan orang itu.
Peran Roh Kudus dalam orang percaya dibagi menjadi beberapa kelompok besar yaitu:
• Peran yang bersifat penginjilan , memperkenalkan Injil kepada orang yang belum percaya
• Peran yang bersifat mendidik, mendidik kehidupan orang percaya agar hidupnya semakin berkenan dihadapan Tuhan
• Peran yang bersifat mendorong orang percaya untuk bertumbuh secara rohani menuju kedewasaan iman.
• Peran yang bersifat menyatakan kuasa Allah dalam orang percaya .

Semua peran ini sangat penting, hari ini kita akan belajar beberapa peran yang perlu kita alami agar hidup kita berubah kearah yang lebih baik :
1. Roh Kudus akan mengerjakan pembaruan dalam hidup kita.
Tit 3:5 “pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus”
Jadi keselamatan yang kita terima bukan karena perbuatan baik kita tetapi karena rahmat yang dilakukan lewat kelahiran baru.
Arti rahmat adalah menerima sesuatu yang seharusnya tidak pantas kita terima, semata mata karena belas kasihan Tuhan dalam hidup kita. Kapan hal ini terjadi? Saat kita mengaku percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, dan Roh Kudus melahirkan baru sebagai anak Allah, saat itulah kita menerima rahmatNya. Namun kekristenan itu tidak berhenti sampai disitu, hidup kita harus berubah, hidup kita perlu di perbaharui. Dalam hal ini Roh Kudus-lah yang akan mengerjakan pembaruan dalam dalam hidup kita. Cara hidup kita perlu berubah seperti yang dikatakan dalam Rom 12:2
2. Memberi hikmat dan pewahyuan
Efe 1:17-18 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. 18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus
Menjadi orang Kristen bukan hanya sekedar percaya tetapi perlu mengenal Dia dengan benar, disinilah Roh Kudus berperan untuk memberikan hikmat dan pewahyuan sehingga mata hati yang sebelumnya gelap berubah menjadi terang, dan apapun situasinya orang percaya tetap memiliki pengharapan akan kemuliaan yang datangnya dari Tuhan suatu saat pasti digenapi.
3. Memberikan kemerdekaan
2Kor 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
Alkitab menyebut Roh Kudus juga Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Yesus, Roh Penghibur, jadi Roh Kudus lah yang memerdekakan kita dari segala keterikatan yang bersifat duniawi, sehingga orang percaya memperoleh kemerdekaan yang sejati.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Menurut Saudara, dari ke 4 kelompok besar peran Roh Kudus, mana yang penting?
2. Karakter manusia lama apa yang sudah kita tinggalkan ? (ketika kita hanya jadi orang percaya yang belum sungguh dan sesudah kita mengerti peran Roh Kudus dalam kita)
3. Berikan contoh hikmat yang Saudara terima dari Roh Kudus ketika kita akan memutuskan sesuatu!

POKOK DOA :
• Berdoa agar peran Roh Kudus dalam setiap anggota PeKa makin nyata dalam hidup keseharian.