Materi PeKa 21 Mei 2019 | SETIA DIPROSES DI DALAM PeKa

Materi PeKa Jemaat
Selasa, 21 Mei 2019
SETIA DIPROSES DI DALAM PeKa

Michael Angelo adalah salah satu seniman pematung terbaik yang pernah ada. Ketika ia ditanya oleh seseorang, “Bagaimana anda bisa hebat sekali dalam memahat patung? Hanya dari sebuah batu bisa anda buat patung yang sangat bagus. Apa rahasianya?” Jawab Michael Angelo, “Ah… biasa-biasa saja kok. Saya sudah melihat sosok patung yang indah dalam batu itu, dan saya tinggal memahat untuk menghilangkan bagian-bagian batu yang tidak berguna…” Wow, jawaban yang sangat simple tapi memiliki makna yang sangat dalam.

Di mata Tuhan kita sangat berharga dan mulia. Yesaya 43:4a Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau…
Dan melalui PeKa kita sedang dipahat, dibuang bagian-bagian yang tidak berguna (kurang berkenan) dari hidup kita. Kita mengalami proses kehidupan di dalam PeKa, baik melalui Firman Tuhan yang disharingkan, melalui kesaksian-kesaksian yang mengubah hidup kita, dan melalui gesekan-gesekan yang terjadi di dalam PeKa (adanya perbedaan pendapat, perbedaan karakter, perbedaan tingkat pendidikan, perbedaan suku, perbedaan umur, perbedaan hobby, dll) baik dari pemimpin maupun dari sesama anggota PeKa.

Semua proses itu Tuhan ijinkan terjadi di dalam Peka supaya kita didapati semakin utuh beriman kepada Kristus, semakin mengenal Kristus secara pribadi, semakin dewasa, semakin bertumbuh dalam Kristus, semakin menghidupi kebenaran Firman Tuhan, dan semakin serupa dan segambar dengan Kristus (Efesus 4:13-16). Dan alasan kita tetap setia diproses di dalam PeKa adalah karena Kasih. Kasih kita kepada Tuhan dan kasih kita kepada sesama anggota PeKa jauh lebih besar dari segala proses yang kita alami di PeKa.

“Dengan kita setia diproses di dalam PeKa, kita sedang menolong orang lain sekaligus menolong diri kita sendiri supaya didapati kita semakin berharga dan mulia di mata Tuhan”

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Proses apa yang sedang kita alami di PeKa? Sharingkan bagaimana cara mengatasinya ?
2. Apakah kita mengasihi Tuhan dan mengasihi teman-teman yang ada di PeKa ? Berikan contohnya !!

POKOK DOA :
1. Saling mendoakan supaya kita tetap setia ketika diproses di dalam PeKa dan supaya kasih kita semakin tercurah bagi Tuhan dan bagi sesama anggota PeKa.
2. Berdoa untuk pemimpin yang ada di PeKa.