Materi PeKa – 18 February ’20

Materi PeKa
Selasa, 18 Februari 2020

MERAIH SUKSES BERSAMA ROH KUDUS
Yesaya 11:2 ; Amsal 10:7

PENDAHULUAN :
Seorang pengusaha bengkel di China yang bernama Wang Cheng berdasarkan dugaan sementara memperkirakan kerusakan becak listrik milik seorang pelanggan adalah pada sirkuit pengontrol listrik yang seharga 500 yuan dan penutup katub seharga 100 yuan, serta memerlukan perbaikan selama 1 hari. Namun ternyata dia menemukan bahwa sirkuit pengontrol yang lama ternyata berfungsi normal, dan kerusakannya hanya pada penutup katub seharga 100 yuan. Wang Cheng bergulat dalam batinnya apakah dia harus berkata jujur bahwa kerusakan pada becak listrik itu hanya pada pegangan katup saja yang seharga 100 yuan, sedangkan bila dia juga mengganti sirkuit pengontrol listriknya, dia akan untung lebih banyak dari spare part total 600 Yuan, dan jasa perbaikannya yang diterimanya tentunya akan lebih besar. Sedangkan si pemilik percaya sepenuhnya, yang penting becak listriknya berjalan normal sehingga dia bisa dapat kembali mencari nafkah.
Namun Wang Cheng tidak damai sejahtera, dan Roh Kudus mengingatkan di hatinya untuk bertindak jujur, dalam Matius 5:37 “Jika ya hendaklah kamu katakan ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan tidak. Apa yg lebih dari pada itu berasal dari si jahat”. Dan dia memutuskan untuk taat pada suara Roh Kudus, sehingga pemilik becak itu merasa sukacita atas kejujuran Wang Cheng. Ketika dia bertindak jujur dan konsisten dengan perintah Tuhan, bengkelnya terus dibanjiri pelanggan yang percaya dengan kejujurannya. (Sumber: alkitabonline.org/kesaksian Kristen)
Banyak seminar-seminar yang menawarkan kiat-kiat sukses yang sepertinya memang baik, tetapi yang terbaik bagi kita anak-anakNya adalah kesuksesan karena dipimpin Roh Kudus. Berikut ini ada kiat-kiat sukses yang dapat dicapai melalui pimpinan oleh Roh Kudus sbb :
1. BELAJARLAH MENEMPATKAN ROH KUDUS SEBAGAI GURU/ PENGAJAR SEGALA SESUATU.
Yohanes 14:26 “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Kita harus melibatkan Roh Kudus di dalam segala hal di kehidupan kita termasuk di dalam pekerjaan dan bisnis kita. Roh Kudus akan mengajarkan segala sesuatu, termasuk mengajarkan FirmanNya dan mengajarkan apapun yang sedang kita butuhkan dalam bisnis kita. Walaupun pada awalnya terasa berat menjalankan Firman Tuhan dalam bisnis kita, merasa tidak mampu dan sulit untuk melakukannnya, namun pengajaran Roh Kudus dalam bisnis kita akan menuntun kita pada kesuksesan yang sesungguhnya.
2. BELAJARLAH MENDENGAR DARI ROH KUDUS DAN TAAT AKAN PIMPINAN ROH KUDUS.
Allah yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup. Dia dapat berbicara kepada kita, sehingga kita perlu menginvestasikan waktu kita untuk bisa berhasil belajar mendengarkan suara Tuhan, Seperti yang dialami oleh Wang Cheng yang mendengar suara Roh Kudus di hatinya.
Demikian pula Tuhan akan menuntun kita saat akan membuka sebuah toko/ bisnis baru dan kita dihadapkan dengan berbagai pilihan lokasi toko yang akan kita tempati, kadang pikiran kita berkata pilihan A yang bagus tetapi apa yang bagus dipikiran kita, belum tentu itu yang bagus menurut Tuhan. Disinilah peranan Roh Kudus kita rasakan saat Dia menunjukkan lokasi dan bisnis yang tepat.
3. MERAIH KESUKSESAN DENGAN CARA MENERAPKAN GAYA HIDUP KERAJAAN ALLAH.
Yesaya 11:2 “Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;” Roh Kudus yang ada di dalam kita, akan memberi kita hikmat, pengertian, keperkasaan. Jadi untuk meraih kesuksesan Tuhan memberi kita RohNya supaya kita mengerti yang dikendakiNya.
Seharusnya dengan adanya Roh Kudus memimpin kita, maka kita mampu membawa nilai-nilai Kerajaan Allah dalam bisnis kita.

Jagalah nama baik saudara, bertindaklah jujur, setialah pada perkara kecil, kerjakan segala tugas dan tanggung jawab kita seperti untuk Tuhan.
Hiduplah dipimpin oleh Roh, karena hanya Roh Tuhan yang dapat memimpin kita masuk ke dalam destinasiNya. Dengan Tuhan, tidak ada batasan yang dapat merintangi jalan hidup kita, kasih karunia Tuhan melampaui semua batasan yang ada. Kekuatan kasih karunia Tuhan menentukan level kesuksesan kita. Bila “memberi diri dipimpin Roh Kudus” sudah menjadi gaya hidup kita, maka kita adalah anak-anak Allah yang siap menerima janji-janji Allah (Roma 8:14)

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Menurut Saudara kesuksesan seperti apa yang harus dicapai dalam hidup ?
2. Kesuksesan apa yang sudah Saudara capai dalam hidup ? Apakah kesuksesan ini Saudara capai karena mengandalkan Roh Kudus ataukah lewat cara-cara dunia ?
3. Komitmen apa yang akan Saudara buat untuk hidup sukses secara Alkitabiah ?

POKOK DOA:
• Mintalah Roh Kudus mempimpin hidup kita karena kita membutuhkan tuntunan-Nya senantiasa. Mintalah kepekaan dan ketaatan untuk mengikuti pimpinan Roh Kudus dalam hidup kita.