Materi PeKa – 17 Maret ’20

Materi PeKa
Selasa, 17 Maret 2020
KARUNIA-KARUNIA ROH KUDUS

1Kor 12:1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. Sangat penting bagi orang percaya mengerti dengan benar karunia-karunia Roh Kudus terlebih dahulu, sebelum meminta bahkan menggunakannya dalam pelayanan. Menurut KBBI, karunia artinya pemberian atau anugerah dari yang lebih tinggi kedudukannya kepada yang yang lebih rendah. Karunia Roh Kudus adalah pemberian atau anugerah dari Tuhan kepada kita.
1. Karunia Roh Kudus digunakan untuk membangun jemaat.
1Kor 12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan pernyataan Roh untuk kepentingan bersama. Karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada kita dipakai untuk kepentingan bersama, artinya dipakai untuk membangun jemaat, bukan untuk kepentingan pribadi. Sekalipun demikian, ibarat pedang bermata dua, kita juga menikmati berkat secara pribadi dari karunia Roh Kudus. Iman kita dibangun oleh kuasa Roh Kudus yang bekerja didalamnya, kita bersukacita melihat orang lain dipulihkan. Contoh : karunia kesembuhan, ketika kita tumpangkan tangan pada orang yang sakit, dan kita katakan di dalam nama Tuhan Yesus jadilah sembuh, lalu orang tersebut sembuh maka berkatnya langsung diterima oleh orang tersebut. Tetapi kita juga mendapatkan berkat juga yaitu iman kita menjadi semakin teguh, kita semakin kagum kepada Tuhan dan semakin kita mengandalkan Tuhan dalam hidup kita.
Ada 9 karunia Roh Kudus di dalam 1Kor 12:8-10 yaitu karunia berkata-kata dengan hikmat, karunia berkata-kata dengan pengetahuan, karunia iman, karunia kesembuhan, karunia kuasa mengadakan mukjizat, karunia bernubuat, karunia membedakan bermacam-macam roh, karunia berbahasa roh (bahasa lidah), dan karunia menafsirkan bahasa roh.
1Kor 12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya. Karunia Roh Kudus dikerjakan oleh Roh Kudus. Jadi Roh Kuduslah yang hebat, bukan kita yang hebat. Karunia Roh Kudus diberikan atas kehendak Tuhan, jadi sangat memungkinkan karunia Roh Kudus yang kita miliki berbeda dengan rekan yang lain.
2. Kasih sebagai fondasi dari bekerjanya karunia Roh Kudus.
1Kor 12:31 (FAYH) Tetapi berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh karunia yang terpenting dan yang terbaik. Namun, izinkan saya membicarakan hal lain yang lebih baik daripada karunia-karunia itu. Paulus yang menulis kitab Korintus adalah rasul yang memiliki karunia-karunia Roh. Paulus mengajak kita untuk berusaha sungguh-sungguh meminta kepada Tuhan untuk kita dapat memperoleh karunia-karunia Roh Kudus tersebut dan memakainya untuk kepentingan bersama, untuk kepentingan pekerjaan-Nya, dan untuk kepentingan Surga. Satu hal penting yang tidak boleh kita abaikan : Rasul Paulus menegaskan didalam 1Kor13 yaitu tanpa Kasih, semua karunia-karunia Roh Kudus tersebut tidak ada gunanya.
Kesimpulan : Temukan dan pertajam karunia-karunia Roh Kudus yang ada dalam hidup kita untuk melakukan pekerjaanNya dan pakailah semuanya itu dengan dasar KASIH.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Berikan contoh apabila karunia Roh Kudus dipakai untuk kepentingan pribadi ! Dan apa akibatnya bagi orang tersebut ?
2. Sudahkah Saudara memiliki salah satu karunia Roh Kudus ? Ceritakan !
3. Menurut Saudara karunia apakah yang paling penting dalam komunitas PeKa kita ? Jelaskan alasannya !

POKOK DOA :
1. Berdoa, supaya kita bisa menemukan dan mempertajam karunia-karunia Roh Kudus yang ada pada setiap kita.
2. Berdoa supaya kita semua diberi hikmat dan hati yang murni supaya kita dapat menggunakan karunia Roh Kudus dengan dasar kasih dan untuk kemuliaan Tuhan.