Materi PeKa – 15 Januari 2019 – BERJAGA-JAGA DARI “CANDU MEDSOS”

Materi PeKa

Selasa 15 Januari 2019

 

BERJAGA-JAGA DARI CANDU MEDSOS

I Korintus  10:23

 

PENDAHULUAN:

Tahun 2019 ini Tuhan sedang menuntut kita untuk berjaga-jaga dan berdoa.  Pertanyaan yang kadang muncul, berjaga dari apa ?

Mari kita telusuri dengan baik apakah dengan perkembangan media sosial yang tanpa batas ini, menimbulkan  “candu” dalam bentuk lain, selain kecanduan narkotika ? Berapa jam per hari waktu yang terbuang oleh serangan medsos ?

Itulah sebabnya melalui PeKa saat ini kita akan duduk bersama, belajar dan sharing (berbagi satu dengan yang lain) sehubungan dengan medsos ini, supaya kita bisa berhaga-jaga.

Bagaimana cara mengukur medsos ini tetap baik untuk kita atau tidak ?  Setidaknya kita ukur dari segi berikut ini :

  1. DIUKUR DARI SEGI KANDUNGAN SUSU ROHANINYA

Salah satu kebutuhan pokok pertumbuhan rohani kita adalah “susu rohani”.  Adakah medsos yang kita ikuti mengandung unsur “susu rohani” ? Jika jawabnya ya, berarti medsos tersebut masih baik untuk perumbuhan dan kesehatan rohani kita, mari kita simak apa yang disampaikan dalam Surat I Petrus  2:1-2 ini:  Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah. Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan.

  1. DIUKUR DARI DAMPAKNYA KEPADA HATI KITA

Sesaat setelah mengikuti perkembangan medsos, apa yang terjadi dengan hati kita, hari ini, besok, lusa ? Hal ini menjadi pertimbangan kita yang kedua, sebab dari dalam hatilah segala sesuatu bermula. Mari membaca Injil Matius 15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Jika medsos yang kita ikuti kemudian meracuni hati kita, akan membahayakan kehidupan kita, maka sudah waktunya kita waspada dan berjaga-jaga.  Sebab kitalah yang bertanggung jawab menjaga hati kita sendiri, simaklah apa yang diungkapkan dalam Amsal  4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

III. DIUKUR DARI SEGI KEGUNAAN

Memang betul tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian apa yang ada di dalam medsos ada gunanya, tetapi kita tetap harus mengendalikan diri, sebab tidak jarang sebagian yang lainnya menimbulkan kekuatiran, menimbulkan keinginan yang bisa mengganggu keuangan keluarga. Bagaimana cara kita mengukurnya ?  Perhatikan apa yang difirmankan dalam I Korintus  10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Jadi ukurannya sejauh mana medsos baik untuk kita ? Setidaknya jika hal itu berguna untuk meningkatkan  pengetahuan, jika memberi dampak kepada pertumbuhan rohani kita. Jika tidak berguna. Maka berhentilah !

 

BEBERAPA PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN:

  1. Dalam satu hari kira-kira berapa jam Saudara menggunakan media sosial? Media sosial apa yang sering Saudara gunakan?
  2. Dampak atau manfaat apa yang Saudara dapatkan dari menggunakan media sosial tersebut? Sharingkanlah!
  3. Bagaimana cara Saudara “berjaga-jaga” dalam penggunaan media sosial?

 

POKOK DOA:

  1. Saling mendoakan agar setiap kita bisa berjaga-jaga sehingga tidak jatuh dalam penggunaan media sosial untuk hal-hal yang kurang baik atau menyimpang.
  2. Saling mendoakan agar diberikan keteguhan hati agar dapat memanfaatkan media sosial untuk lebih bertumbuh dalam