Materi PeKa – 14 Januari 2020

Materi PeKa
Selasa 14 Januari 2020

PEMBAHARUAN MANUSIA BATINIAH

PENDAHULUAN:
Secara fisik, tubuh manusia akan terus mengalami kemerosotan, karena faktor usia, atau karena faktor kesehatan. Namun demikian Firman Tuhan mengingatkan kita semua supaya manusia batiniah kita justru mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu. Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari (II Kor 4:16.).
Di waktu lampau bangsa Israel pernah mengalami sebuah kemerosotan dalam segala sisi kehidupan, namun setelah didikan dan hukuman dijalani, Tuhan menjanjikan kepada mereka sebuah pemulihan. Bagaimana tahapan-tahapan yang mereka alami ?
1. Merespon Panggilan
Panggilan Simon orang Kirene: Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. (Matius 27:3)
Jika bangsa Israel menerima panggilan dari lokasi bangsa-bangsa, (Dari setiap bangsa dan negeri, kamu akan Kukumpulkan dan Kupulangkan ke tanahmu sendiri (Yeh. 36:24), Simon Kirene menerima panggilan dengan cara dipaksa memikul salib. Pengalaman Simon Kirene telah mewariskan nilai-nilai yang luar biasa bagi keluarganya, sehingga anaknya (Rufus) telah menjadi orang pilihan dan juga istri Simon Kirena menjadi ibu Rohani bagi Rasul Paulus: Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu. Roma 16:13
2. Bertobat
Untuk mengalami pembaharuan, Israel harus bertobat, yakni berbalik dari penyembahan berhala-berhala dan segala macam kecemaran hidup: Setelah itu kamu akan Kuperciki dengan air jernih, supaya kamu bersih dari segala berhalamu dan dari segala sesuatu yang telah mencemarkan kamu. (Yeh. 36:25)
19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. 19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. (Kis 19:5-6)
3. Membaharui Hati dan Pikiran
Tahap berikut yakni membaharui hati dan pikiran : Maka kamu Kuberikan hati yang baru dan pikiran yang baru. Hatimu yang sekeras batu itu akan Kuganti dengan hati yang taat. (Yeh. 36:26)
4. Hidup Dalam Piminan Roh Kudus
Setelah merespon panggilam Tuhan, bertobat dan membaharui hati dan pikiran, maka Roh Allah yang Kudus akan memimpin hidup kita: Roh-Ku akan Kucurahkan ke dalam hatimu dan kamu akan Kujaga supaya hidup menurut hukum-hukumKu serta mentaati segala perintah-Ku (Yeh. 36:27)
Kiranya Pengalaman bangsa Isreal ini bisa kita jadikan renungan untuk kita yang hidup di masa kini. Dan kiranya sepanjang tahun 2020 ini semua kita benar-benar hidup dipimpin oleh Roh Kusus. Amin

BEBERAPA PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN:
Ceritakanlah bagaimana proses Saudara mengalami panggilan Tuhan?
Menurut Saudara hal apa sajakah yang dapat menyebabkan seseorang mengeraskan hati sehingga tidak meresponi panggilan Tuhan?
Menurut Saudara dalam hal apa sajakah Saudara harus mengalami pembaharuan? Dan apa sajakah yang harus Saudara lakukan supaya Saudara dapat mengalami pembaharuan?

POKOK DOA:
Saling mendoakan supaya setiap kita memiliki kepekaan hati supaya dapat meresponi setiap kehendak Tuhan bagi hidup kita dengan benar.
Saling mendoakan supaya setiap kita sungguh-sungguh hidup dalam pimpinan Roh Kudus dalam menjalani hari-hari di sepanjang tahun 2020 ini.