Materi PeKa – 12 November ’19

Materi PeKa
Selasa, 12 November 2019

Takut akan Allah, Bergaul Karib dengan Allah – Kunci Perlindungan Kita

Dalam PeKa kali ini, kita akan belajar dari kehidupan lima orang tokoh Alkitab, yang memiliki berbagai pengalaman yang luar biasa terkait dengan perlindungan Tuhan yang ada di dalam kehidupan mereka. Mari kita baca dan renungkan satu persatu.

Nuh :
Kejadian 6:9,13-22 adalah cerita tentang Nuh, dimana Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang sezamannya, dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. Seperti yang kita semua tahu, bahwa Nuh membuat bahtera dan Tuhan melakukan perjanjian kepada Nuh bahwa Tuhan akan memusnahkan segala yang hidup kecuali Nuh dan keluarganya. Hal ini menunjukkan lagi bahwa Tuhan hanya berperkara mengenai rahasia dan rencanaNya kepada mereka yang bergaul karib dan memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan.

Abraham :
Kejadian 15:5-6, 22:16-18. Ini adalah kisah tentang Abraham, dimana dia pertama kali mendapatkan janji Tuhan akan memiliki anak, keturunannya akan sebanyak bintang di langit, dan juga setelah dia memperoleh anak, yaitu Ishak, dan mau memberikan kepada Tuhan untuk dikorbankan di gunung di tanah Moria. Tuhan sampai melakukan sumpah demi diri Tuhan sendiri untuk berjanji kepada Abraham, dan seperti kita semua tau, bahwa berkat Abraham, Ishak, dan Israel menjadi berkat turun temurun yang masih berlaku sampai saat ini. Perjanjian Tuhan dengan Abraham dan keturunannya bersifat kekal, dan keturunan Abraham secara jasmani dan rohani pun hingga mendapatkan privilege yang begitu istimewa, hanya karena Abraham yang bergaul karib dengan Tuhan dan sepenuhnya percaya kepada Tuhan.

Ayub :
Dalam kitab Ayub 1:1-10 kita melihat bahwa Iblis berkata kepada Tuhan bahwa segala yang dimiliki oleh Ayub berada di dalam pagar perlindungan Tuhan. Ini semua tidak datang dan dimiliki oleh Ayub tanpa alasan. Ayub dikenal sebagai orang yang saleh, jujur, takut akan Allah, dan menjauhi kejahatan. Banyak orang yang berpikir jika kita memiliki hati yang “terlalu takut akan Allah” kita menjadikan diri kita terbatas atas segala keinginan dan kesenangan. Padahal sebaliknya, jika kita takut akan Allah dan memelihara diri kita tetap bersih, kita sedang melindungi diri kita sendiri, karena pagar perlindungan Tuhan akan selalu bersama kita.

Daud :
Pemazmur pun menasehatkan kita pentingnya menjaga kelakuan kita bersih, dengan menjaga sesuai dengan Firman Tuhan. (Mazmur 119:9). Banyak kesaksian Daud sebagai pemazmur yang menyaksikan Tuhan seperti kota dan benteng perlindungan bagi hidupnya, bahkan ketika masa yang paling mengancam nyawanya sekalipun, seperti dikejar-kejar oleh Saul, menjadi tawanan di Mesir, bangsa Israel yang kehilangan keluarganya di Ziklag yang marah kepada Daud, dan lain-lain.

Mazmur pasal 3 adalah isi kesaksian Daud terhadap begitu nyatanya perlindungan Tuhan atasnya, dimana anaknya sendiri, Absalom hendak membunuh Daud. Mengapa Daud begitu sering terlindung dari berbagai persoalan yang begitu sering mengancam nyawanya? Jawabannya karena Daud bergaul karib dengan Tuhan. Di salah satu ayat di kitab Mazmur, yaitu Mazmur 25:14, Daud menulis : Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjianNya diberitahukanNya kepada mereka. Hanya kepada orang yang bergaul karib, Tuhan memberitahukan segala rahasia dan apa yang akan dilakukanNya kepada anakNya.

Paulus :
2 Korintus 11 : 22-31, Kisah Rasul 28:3-6. Sebagai rasul Yesus Kristus yang terbesar, dalam pelayanannya yang sarat dengan penderitaan, Paulus sering kali mengalami penderitaan yang seharusnya membuat Paulus sudah kehilangan nyawa jauh hari sebelum dia meninggal. Akan tetapi dalam segala yang dialaminya, Paulus berulang kali selamat dari bahaya maut, termasuk selamat dari gigitan ular beludak, dan tidak terjadi apa-apa atas dirinya.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Dari kehidupan pahlawan iman dan 5 orang tokoh Alkitab di atas, kesamaan apakah yang dapat Saudara temukan? Apakah Saudara merasakan bahwa kehidupan mereka sangat dilindungi Tuhan? Apa yang menyebabkan kehidupan mereka terlindungi dari berbagai macam bahaya maut?
2. Seperti yang kita tau, bahwa kehidupan saat ini sangat tidak aman, berbagai bahaya dapat mengancam kehidupan kita kapanpun dari segala segi dan aspek. Apa yang dapat kita lakukan untuk bertahan dari berbagai persoalan itu? Apa janji Tuhan bagi mereka yang hidup bersandar kepadaNya?
3. Bacalah Efesus 6:12. Bandingkanlah dengan 1 Yohanes 4:4. Apa yang Saudara temukan dari kedua ayat ini? Adakah janji perlindungan Tuhan bagi anak-anakNya? Apa yang dapat kita lakukan agar senantiasa berada di dalam pagar perlindungan Tuhan?

POKOK DOA :
Berdoa supaya setiap kita diberi kemampuan untuk dapat bertahan dalam setiap persoalan dan tetap bersandar kepada Tuhan.