Materi PeKa – 11 February 2020

Materi PeKa
Selasa, 11 Februari 2020

PERANAN ROH KUDUS DALAM HIDUP ORANG PERCAYA
Yohanes 14:16-18 ; 16:8-15 ; Kisah Rasul 1:8

PENDAHULUAN :
Sejak Yesus masih ada di dunia bersama dengan murid-muridNya, Roh Kudus sudah dijanjikanNya kepada mereka, bahwa suatu hari nanti, Yesus akan pergi meninggalkan mereka, dan Roh Penolong akan datang kepada mereka. Tuhan Yesus berkata kepada murid-muridNya bahwa kedatangan Roh Kudus dan Yesus pergi meninggalkan mereka adalah lebih berguna bagi mereka, ketimbang Yesus masih bersama-sama dengan mereka dan Roh Kudus tidak datang (Yohanes 16:7). Hanya dengan Yesus pergi ke Surga, Dia dapat mengutus Roh Kudus ke dunia ini, dan apa yang dilakukan Roh Kudus dapat kita baca di Yohanes 16 : 8-15, dan Kisah Rasul 1 : 8. Begitu besar peran Roh Kudus di kehidupan manusia di dunia ini, menunjukkan kita bahwa dalam kehidupan ini kita bukan hanya memerlukan Roh Kudus, tetapi kita sudah seharusnya menundukkan seluruh hidup kita di dalam pimpinan Roh Kudus.
Dalam Yohanes 14:16-18 ; 16:8-15 ; dan Kisah 1:8 maka kita menemukan paling sedikit 4 peranan Roh Kudus di dalam hidup orang percaya :
1. Roh Kudus adalah Parakletos yang Menolong, Membela, Menasihati, Menghubungkan roh kita dengan Allah (Allah Bapa & Allah Anak). Baca Yoh 14:16.
Roh Kudus menolong kita dalam membangun keintiman dengan Bapa. Di dalam doa kita, Roh Kudus menyampaikan seluruh permohonan kita kepada Bapa. Bahkan ketika kita tidak mampu berdoa dan tidak mampu mengatakan apa yang ingin kita katakan pun, Roh Kudus akan membantu kita di dalam doa kita, dengan keluhan yang tidak terucapkan. Roma 8 : 26. Berbahasa lidah memberi kita keuntungan untuk membangun manusia roh kita semakin kuat, dan semakin intim dengan Allah.
Roh Kudus adalah bukti ke dua dari kasih Yesus yang besar kepada kita, selain penebusan Nya atas hidup kita. Dalam Yohanes 17, di dalam doa-Nya, Yesus mengekspresikan cinta Nya kepada kita. Bukan saja dengan memberikan Nyawa-Nya bagi kita untuk menebus dosa kita, sebagai jalan perdamaian bagi kita dengan Bapa di Surga, tetapi Dia juga berdoa memohon kepada Bapa untuk mengaruniakan Roh Kudus untuk kita. Tuhan Yesus tidak mau meninggalkan kita sebagai yatim piatu, Dia ingin selalu menyertai dan menuntun kita..

2. Roh Kudus disebut Roh Kebenaran (Pneuma Aletheia) karena Dia akan menuntun kita dalam Kebenaran sejati. (Yoh 14:17 , Yoh 16:8)
Ketika Roh Kudus memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran, maka kesadaran akan dosa muncul dalam diri kita. Roh Kudus menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman (Yoh 16:8). Kita tidak akan sanggup hidup benar, tetapi jika kita memberikan hidup kita dipimpin Roh Kudus, Dia akan memampukan kita hidup di dalam kebenaran, karena Dia yang akan menuntun jalan kita. Roh Kudus selalu memuliakan Yesus, Dia akan memberitakan kepada kita apa yang diterimaNya dari pada Yesus. Dengan memberikan hidup kita di bawah pimpinan Roh Kudus, kita seperti hidup berjalan bersama-sama dengan Yesus. Menghadirkan Yesus di kehidupan kita sehari-hari adalah dengan menundukkan diri kita di bawah pimpinan Roh Kudus.

3. Roh Kudus melahirkan kita menjadi ciptaan baru. (Roma 8:1-2)
Dalam Roma 8 : 1-2, kita ditunjukkan bahwa ketika kita sudah lahir baru dan hidup di dalam Roh, kita sudah menjadi manusia yang merdeka, karena bagi mereka yang ada di dalam Kristus, tidak ada penghukuman lagi, karena Roh Kudus yang memerdekakan kita benar-benar membuat kita merdeka. Relakan diri kita dipimpin oleh Roh Kudus, dengan cara mematikan perbuatan daging dalam hidup kita. Itu salah satu bukti bahwa kita adalah ahli waris kerajaan Surga, yang berhak menerima janji-janji Allah.
Roh Kudus melahirkan kita menjadi Anak Allah, dan sebagai anak maka kita terkoneksi dengan Bapa, tidak heran bila muncul kerinduan untuk senantiasa menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran, sebab pribadi Roh Kudus itulah yang menjadikan kita sebagai penyembah-penyembah yang benar. (Yohanes 4 : 23-24)

4. Membangkitkan Kuasa dan Otoritas sebagai Saksi Kristus. (Kisah 1:8)
Roh Kudus juga akan memberi kekuatan dan kuasa kepada kita dalam melakukan apapun yang kita lakukan di dunia ini, hingga kita dapat menjadi saksi Tuhan dalam perkataan dan perbuatan. Sebagaimana Roh Kudus yang memampukan murid-murid Yesus untuk menjadi begitu militan dan menjadi sangat berkobar akan Yesus, Roh yang sama, akan memampukan kita menghadapi dan melewati rintangan apapun yang ada dihadapan kita. Dia akan bekerja begitu ajaib di dalam kehidupan kita, jika kita mau dipimpin olehNya dan percaya kepadaNya. Amin.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Sudah berapa lamakah Saudara menjadi orang Kristen ? Sharingkanlah pengalaman pertama Saudara yang paling berkesan saat Roh Kudus mulai berkarya dalam hidup Saudara!
2. Ada dua hal penting yang dikerjakan Roh Kudus dalam hidup kita: yang pertama adalah ke dalam dengan cara membangun manusia roh kita ; yang kedua adalah keluar dengan menjadi saksi Kristus yang hidup. Ceritakanlah perjalanan rohani Saudara di kedua area tersebut sebagai bukti bahwa Roh Kudus berkarya di dalam hidup Saudara !

POKOK DOA :
 Doakanlah bagi jemaat yang merasa masih terikat di dalam kedagingan, yang menjadi penghambat pertumbuhan rohani mereka.
 Doakan bagi mereka yang rindu dipenuhi oleh Roh Kudus dan ingin membangun keintiman dengan Roh Kudus.