Materi PeKa – 10 Sept ’19

Materi PeKa
Selasa, 10 September 2019

MENDEKATLAH KEPADA ALLAH

Selama kita hidup, masalah masih datang silih berganti, tidak terkecuali bagi kita orang percaya. Dibutuhkan sikap yang benar ketika masalah terjadi dalam kehidupan kita. Salah satu yang perlu kita lakukan ketika masalah kita alami, firman Tuhan menasihatkan kita untuk datang mendekat kepada Allah.
Yak 4: 8 Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!
Kata mendekat diambil dari bahasa Yunani : eggizo. Eggizo mempunyai arti :
1. Melekat.
Ketika hidup kita masuk dalam proses yang diijinkan Tuhan terjadi, yang harus kita lakukan adalah menyatukan diri dengan Allah sampai melekat. Melekat kepada Allah berarti kita manunggal dengan Allah, sepakat dengan Allah dalam setiap firmanNya. Artinya pikiran, hati dan perbuatan kita kembali kepada ketaatan penuh atas setiap perintah dan firman Tuhan. Ketika pikiran, hati dan tindakan kita melekat kepadaNya, maka Tuhan dengan caraNya berjanji untuk meluputkan kita.
Mazmur 91:14-15 “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.
2. Membentuk persekutuan.
Ketika kita dalam kesesakan, masalah, tekanan, ancaman, serangan, kita menjadi lemah. Untuk mengatasi semua itu kita perlu tambahan kekuatan. Untuk itu kita perlu membentuk persekutuan. Allah mengundang kita lewat firmanNya untuk datang mendekat dan bersekutu denganNya. Dengan demikian kita beroleh teman persekutuan yang akan memberi kekuatan dan membantu kita menemukan jalan untuk menang atas masalah, serangan, ancaman, kesesakan dan proses kehidupan yang harus kita jalani. Syaratnya kita harus bersungguh hati kepada Dia. Bersungguh hati artinya di tangah masalah yang kita hadapi, kita mengambil keputusan untuk tetap percaya kepada janji-janji Tuhan yang akan memberikan jalan keluar bagi setiap masalah kita, bukan kepada hal lain.
2 Taw 16:9a Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.
Untuk datang mendekat kepada Allah yaitu agar dapat melekat kepada Tuhan dan membangun persekutuan denganNya, ada syarat yang harus kita penuhi. Dalam ayat di Yak 4, disebutkan kita harus mentahirkan tangan kita. Artinya bertobat dari segala dosa kita, menyucikan hati kita karena kita seringkali lupa kepada Tuhan, dengan jalan tidak mengandalkan Tuhan sepenuhnya.
Maz 24:3-4 Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus? Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN :
1. Bagaimana sikap kita setiap kali mengalami masalah dalam hidup kita ?
2. Ceritakan, dosa apa yang masih kita lakukan sehingga membuat tangan kita tidak bersih dan hati kita tidak suci ?
3. Apa komitmen kita setelah kita belajar dari uraian nasihat firman Tuhan di atas ?

POKOK DOA :
Saling mendoakan untuk masalah yang saat ini dialami dan agar setiap kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalani proses yang Tuhan ijinkan sehingga semakin membuat kita kuat dan percaya teguh kepadaNya.
Tuhan Yesus memberkati.